Selasa, 07 Oktober 2014

Stasiun Kereta Api


                Sekarang ini kesadaran masyarakat untuk mengurangi kemacetan dengan menggunakan transportasi umum sudah mulai meningkat terutama pada transportasi kereta api. Tidak sedikit masyarakat yang menggunakan kereta untuk perjalanan sehari – hari mereka, untuk berangkat kerja, sekolah, kuliah dan lainnya. Keadaan stasiun kereta api juga sangat menunjang kualitas dari peminat untuk menggunakan layanan dari kereta tersebut. Keadaan stasiun haruslah bersih dan bebas dari pedagang asongan, aman, dan tentunya harus membuat nyaman mereka yang sedang menunggu kereta di stasiun itu. Sekarang ini menurut saya sebagai pengguna transportasi kereta api, keadaan stasiunnya sudah cukup membuat nyaman dan bersih, tidak ada lagi yang merokok sembarangan karena sudah disiapkan ruangan khusus sendiri dan adapula ruangan khusus untuk ibu yang sedang menyusui. Menurut saya itu sudah bagus.
Tetapi belum semua stasiun menurut saya nyaman dan bersih. Masih ada beberapa stasiun yang kumuh dan diam – diam menjadi tempat berjualan tukang asongan, mereka diam – diam berjualan tanpa sepengetahuan dari petugas yang berada disana. Terutama stasiun besar seperti Tanah Abang, Duri, dll. Saya pun pernah mempunyai pengalaman pahit sewaktu sedang menunggu kereta di stasiun Duri. Saya kecopetan, 2 handphone saya diambil oleh tangan jahil orang itu. Waktu itu saya ingin ke depok, sesampainya disana saya langsung lapor dan saya harus menunggu konfirmasi dari petugas disana tapi hasilnya nihil. Itu menjadi sebuah pembelajaran untuk saya agar tidak ceroboh dalam menaruh barang berharga, sebisa mungkin jika dalam keadaan yang ramai jangan memainkan handphone atau semacamnya karena itu akan meningkatkan tindakan criminal dari seseorang yang diam – diam memperhatikan kita.

Menurut saya, jika keadaan kereta api dan stasiunnya terus ditingkatkan pasti peminatnya akan semakin banyak dan ditambah karena harga commuterline sekarang murah untuk perjalanannya. Hanya saja perlu ada sosialisasi lebih agar pengguna kendaraan pribadi yang hanya menggunakan kendaraan untuk jarak yang dekat dan penumpang yang sedikit bisa beralih ke transportasi umum yang lebih efisen dan cepat terutama kereta api yang bebas macet. Semoga bisa terus berkembang dan lebih meningkat lagi kualitas dari kereta api dan stasiunnya agar lebih benar – benar bebas dari pedagang asongan keliling dan lebih di perketat lagi untuk penjagaannya agar tidak ada lagi kasus pencopetan seperti yang saya alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar