Selasa, 07 Oktober 2014

GADGET

Di era yang serba canggih ini, siapa sih yang tak kenal dengan “GADGET”?  pasti semua tau kan? apalagi untuk mereka yang hidup di lingkungan perkotaan besar pasti sebagiannya mungkin hampir sudah sering berganti – ganti gadget sesuai dengan gadget yang sedang trend di masyarakat saat ini. Tapi, apasih gadget itu sendiri? mungkin sebagian orang sudah ada yang tau tentang arti dari sebuah gadget itu sendiri apa, untuk apa dan bagaimana sih gadget yang baik itu, tapi tidak sedikit orang yang hanya mengenal gadget karena mengikuti trend atau teman sepermainannya saja, mungkin hanya sekedar untuk gaya tetapi tidak tau bagaimana cara menggunakan gadget yang baik dan bermanfaat.
Gadget sebenarnya dibuat agar kita bisa membuat segalanya menjadi lebih praktis. Contohnya mungkin gadget yang mempunyai perkembangan yang cukup pesat sekarang – sekarang ini, seperti handphone, laptop, tablet, kamera dll. Ketika kita memiliki handphone kita bisa lebih praktis dalam menjalin komunikasi karena handphone bisa kita bawa kemanapun kita pergi, tidak perlu harus ribet seperti telepon rumah yang hanya bisa terpasang dengan kabel dan tidak bisa dibawa kemana – mana. Begitupun dengan laptop ,kamera, tablet, dan lain sebagainya membuat semuanya menjadi lebih mudah.
Namun gadget juga bisa merugikan si pemakainya jika tidak dipergunakan dengan baik oleh mereka. Salah satu dampaknya mungkin hilangnya interaksi sosial secara langsung dengan seseorang yang dekat dengan mereka, karena mereka lebih senang berkomunikasi lewat jejaring sosial atau chatting dengan seseorang yang jauh, apalagi sekarang sudah banyak aplikasi chatting di handphone yang bisa di download secara gratis. Dan untuk kesehatan, salah satunya dampak buruk pada kesehatan mata. Gadget tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa saja, tapi sekarang anak kecil pun sudah banyak yang mempunyai gadget pribadi mereka, mungkin lebih kebanyakan hanya untuk sekedar bermain game. Padahal, pemakaian gadget yang berlebih sangat rentan terhadap kesehatan mata. Mungkin yang sangat lebih banyak kasusnya adalah menyebabkan mata menjadi minus karena mata terlalu lama melihat ke layar gadget dan mata langsung berinteraksi dengan sinar gadget yang berbahaya selama berjam – jam lebih.
Di dalam perkembangannya selalu ada yang baru dari gadget. Sebenernya menurut saya, kita tidak perlu selalu mengganti atau membeli gadget yang sedang trend. Tapi, menurut saya gadget yang baik adalah gadget yang bisa bermanfaat dan bisa kita manfaatkan sebaik mungkin. Misalnya gadget yang kita punya sekarang itu kita gunakan sebaik mungkin, bukan hanya untuk gaya dan meniru orang – orang agar tidak ketinggalan jaman tapi harus bisa menjadi sesuatu yang berguna khususnya untuk diri kita sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar