Selasa, 07 Oktober 2014

Pedagang Kaki Lima


            Ketika kita membaca artikel tentang pedagang kaki lima pasti kita sudah berpikir jika di daerah situ kumuh dan rawan macet. Menurut saya sebenarnya pedagang kaki lima menguntungkan untung sebagian orang karena dengan adanya mereka kita jadi tidak perlu repot dan jauh – jauh mencari barang yang kita butuhkan karena kita sudah terbiasa melihat mereka dan tahu tempat mereka berjualan dimana. Tapi mungkin yang mencoreng nama baik mereka karena mereka sendiri yang sering berjualan di tempat umum dan sangat menggangu pengguna yang lainnya, misalnya di pinggir jalan raya yang selalu membuat kemacetan dijalan raya.
            Maka dari itu sangat sering kita melihat berita di televisi tentang penggusuran paksa para pedagang yang berdagang di pinggiran jalan raya dan di tempat umum lainnya. Pasti mereka menolak untuk dipindahkan karena jika harus berjualan di kios pasar mereka harus menyewa kios itu dengan biaya yang tidak murah sedangkan pendapatan mereka tidak sebesar pedagang lainnya karena mereka hanya pedagang kaki lima kecilan.

            Menurut saya, pembersihan para pedagang kaki lima dari tempat umum memang bagus karena jadi mengurangi macet, sampah, dan tidak terlihat kumuh. Namun, seharusnya pemerintah menyiapkan tempat khusus untuk mereka berjualan, buka di kios yang harga sewanya mahal tapi mungkin suatu wilayah yang di khususkan untuk mereka bersama – sama menggelar barang dagangan mereka dengan sewa yang tidak terlalu mahal. Dengan seperti itu mereka jadi mempunyai tempat yang tetap untuk berjualan dan para pelanggan mereka juga tidak kebingungan jika suatu saat membutuhkan mereka hanya tinggal ke wilayah itu saja. Itu hanya sebagian kecil dari pendapat saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar