Selasa, 07 Oktober 2014

KEBUDAYAAN INDONESIA


Setiap Negara pasti mempunyai akar budaya yang merupakan warisan dari nenek moyang Negara tersebut, begitu pula dengan Indonesia. Kebudayaan di Indonesia sangat banyak dan beragam karena Indonesia memiliki banyak suku yang tersebar di berbagai pulau yang masing – masing dari suku itu pasti memiliki kebudayaan yang telah mereka lestarikan dari nenek moyang mereka.
Contohnya seperti suku Toraja yang berada di provinsi Sulawesi Selatan. Budaya disana benar – benar sangat di lestarikan, buktinya sampai sekarang mereka masih memegang teguh warisan dari nenek moyang mereka. Yang paling menonjol dari suku Toraja ini adalah cara mereka dalam menguburkan anggota suku mereka yang telah meninggal. Di dalam upacara pemakaman di Toraja semakin kaya seseorang maka biaya pemakamannyapun semakin mahal, upacara pemakamannya memerlukan banyak hewan yang harus di qurbankan, tarian dan semacamnya tapi tidak berlaku untuk kalangan rendahan, upacara yang besar hanya berlaku untuk kalangan bangsawan saja. Saya pernah membaca sebuah artikel dan menurut artikel yang saya baca suku Toraja percaya bahwa semakin tinggi jenazah diletakkan semakin cepat rohnya untuk sampai meuju nirwana. Maka dari itu semakin kaya seseorang yang meninggal semakin tinggi pula dia diletakkan dan jenazah itu di tempatkan di suatu goa yang khusus digunakan tempat penguburan yang diatur sesuai garis keluarga.
Itu adalah salah satu kebudayaan yang ada di Indonesia yang sampai sekarang masih dilakukan oleh suku tersebut. Sangat banyak sekali kebudayaan di negeri kita ini, dan menurut saya kita harus terus menjaga agar kebudayaan tersebut tidak luntur karena pengaruh globalisasi karena sebenarnya itu juga bisa menjadi bahan atau objek wisata untuk para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, selain memberikan pemasukan untuk wilayah tersebut bisa digunakan pula sebagai ajang untuk memberitahukan wawasan tentang kebudayaan yang ada di Indonesia ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar