Jumat, 04 Juli 2014


Nama : Dita Logiarti
Kelas : 1KA01
Npm : 12113607

Manusia dan Tanggung Jawab


1.      Pengertian tanggung jawab
Tanggung jawab ialah suatu pengakuan atas perbuatan yang telah dilakukan. Makna dari sebuah tanggung jawab adalah kita tidak bisa seenaknya melakukan hal – hal yang kita anggap benar padahal ada pihak yang dirugikan, maka dari itu semua perbuatan yang akan kita lakukan seharusnya kita sudah pikir dahulu jika itu adalah perbuatan yang benar dan kita berani mempertanggungjawabkannnya suatu hari nanti.

2.      Macam – macam tanggung jawab
1)      Tanggung jawab terhadap diri sendiri, misalnya jika kita malas belajar dan tidak bisa dalam ujian itu berarti kita harus bertanggung jawab terhadap konsekuensi yang kita dapat akibat malas belajar.
2)      Tanggung jawab terhadap keluarga, misalnya seorang ayah yang bertangung jawab untuk memenuhi dan menafkahi keluarganya.
3)      Tanggung jawab terhadap masyarakat, misalnya kita sebagai warga masyarakat bertanggung jawab untuk membuat suasana keadaan lingkungan kita damai dan tentram dengan cara saling menghargai satu sama lain.
4)      Tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara, misalnya kita sebagai warga Negara yang baik bertangung jawab untuk memenuhi kewajiban kita contohnya dalam membayar pajak tepat waktu.
5)      Tanggung jwab terhadap tuhan, misalnya sebagai seorang muslim harus melaksanakan kewajiban yaitu shalat 5 waktu dan melakukan kebaikan lainnya.

3.      Pengabdian dan pengorbanan
a.       Pengertian dan macam – macam pengabdian
Pengabdian berarti bentuk pekerjaan yang semuanya dilakukan dengan ikhlas tanpa pamrih.
Macam- macam pengabdian :
1)      Pengabdian kepada Tuhan
2)      Pengabdian kepada Negara
3)      Pengabdian kepada keluarga,dll
Contoh pengabdian dalam kehidupan sehari – hari adalah pengabdian kepada Tuhan yang diwujudkan dengan melaksanakan shalat 5 waktu jika yang beragama islam.
b.      Pengertian dan macam –macam pengorbanan
Pengorbanan adalah tindakan kerelaan seseorang terhadap sesuatu kepada seseorang tanpa pamrih.
Macam-macam pengorbanan :
1)      Pengorbanan harta benda
2)      Pengorbanan pikiran
3)      Pengorbanan perasaan
4)      Pengorbanan tenaga, dll
Contoh pengorbanan : seorang anak yang rela menyisihkan uangnya demi membantu temannya yang sedang dalam kesusahan.

Akibat dari pengorbanan adalah seeorang yang ditolong biasanya akan merasa mempunyai hutang budi kepada orang yang menolongnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar