Selasa, 08 Juli 2014

                                         Nama : Dita Logiarti
Kelas : 1KA01
Npm : 12113607

Manusia dan harapan



1.      Pengertian  dan contoh harapan
Setiap orang pasti mempunyai harapan. Harapan setiap orang pastilah berbeda – beda sesuai keinginan terbesar dari orang tersebut. Harapan berarti keinginan. Keinginan untuk memperoleh seuatu yang benar – benar diinginkan sepenuh hati. Misalnya seseorang yang menulis surat wasiat untuk keluarganya, di dalam surat tersebut terdapat harapan yang berupa amanat dan harus diwujudkan.

2.      Persamaan harapan dan cita - cita
Harapan berarti keinginan, keinginan untuk mendapat sesuatu yang disertai dengan doa (berharap). Sedangkan, cita – cita berarti impian yang disertai dengan tindakan berupa kerja keras dan tindakan nyata lainnya sampai tercapai apa yang dicita – citakan. Jadi jelas perbedaannya, jika harapan hanya sekedar doa dan keinginan tetapi cita – cita ialah impian yang disertai dengan kerja keras.

3.      Sebab manusia mempunyai harapan
Di dalam kehidupan pasti ada keinginan untuk mendapatkan sesuatu dan apalagi manusia adalah makhluk sosial yang tidak lepas dari pergaulan. Dorongan kodrat menebabkan manusia mempunyai keinginan dan harapan contoh sederhananya misalnya menangis, sedih, bergembira, mempunyai turunan dan sebagainya. Selain dorogan kodrat,  dorongan kebutuhan juga menjadi penyebab manusia mempunyai harapan. Di dalam kebutuhan hidup ada kebutuhan jasmani dan rohani, kebtuhan jasmani seperti sandang, pangan dan papan sedangkan kebutuhan rohani seperti kebutuan batin yang juga dibutuhkan manusia. Untuk memnuhi kebutuhannya manusia harus bekerja sama dengan manusia lain karena kemampuan manusia sangat terbatas dan perlu bantuan rang lain. Dengan adanya dorongan kebutuhan hidup itu maka manusia mempunyai harapan atau keinginan.

4.      Pengertian doa
Doa merupakan ibadah dan sebuah ketaatan atas perintah Tuhan. Doa merupakan perbuatan yang paling mulia dan dicintai Tuhan. Doa ialah memohon sesuatu yang bermanfaat dan memhon terbebas atau tercegah dari hal – hal keburukan.
Macam – macam doa , yaitu :
a.       Doa masalah adalah meminta untuk diberikan manfaat dan dicegah dari kemudharatan, atau sesuatu yang sifatnya permintaan.
b.      Doa ibadah, maksudnya semua bentuk ibadah atau ketaatan yang diberikan kepada Tuhan baik lahiriah maupun batiniah.
Contoh doa : contoh doa ibadah misalnya adalah seorang muslim yang selalu berdoa. Memohon kepada Allah sesudah melaksanakan sholat, dan berharap apa yang dia minta bisa terkabul dan dijabah oleh Allah

5.      Kepercayaan
Kepercayaan ialah meyakini akan kebenaran. Sesuatu hal yang sudah dipastikan kebenarannnya dan bukan hanya sekedar opini saja.
Tiga teori kebenaran :
1)      Teori koheransi atau konsistensi, yaitu pernyataan akan dianggap benar bila pernayataan itu bersifat kherensi atau konsisten.
2)      Teori korespondensi, yaitu pernyataan dianggap benar bila materi yang dikandung dalam pernyataan itu berhubungan (berkorespondensi) dengan obyek yang bersangkutan.
3)      Teori dan pragmatis, ialah suatu pernyataan diukur dengan criteria apakah pernyataan tersebut bersifat fungsional dalam kehidupan praktis.

6.      Kepercayaan dan usaha untuk meningkatkannya
4 kepercayaan dibedakan menjadi :
1)      Kepercayaan pada diri sendiri
2)      Kepercayaan terhadap orang lain
3)      Kepercayaan terhadap pemerintah
4)      Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Usaha untuk meningkakan rasa percaya kepada tuhannya dengan cara meningkatkan ketaqwaan kita dengan jalan meningkatkan ibadah, meningkatan pengabdian kita kepada masyarakat dll.

sumber :
http://asepburhanudin.wordpress.com/2012/06/27/manusia-dan-harapan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar