Jumat, 04 Juli 2014


Nama : Dita Logiarti
Kelas : 1KA01
Npm : 12113607

Manusia dan Pandangan Hidup

1.      Pengertian pandangan hidup dan ideologi
Setiap manusia mempunyai pandangan hidup yang bersifat kodrati. Artinya masing – masing dari manusia mempunyai pedoman untuk hidupnya masing – masing. Setiap orang mempunyai perbedaan dalam memandang sebuah kehidupan dan menjalankannya, dan disitulah pandangan hidup digunakan. Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya. Akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :
1)      Pandangan hidup yang berasal dari agama
2)      Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan nilai dan norma yang berlaku
3)      Pandangan hidup hasil renungan yang relatif kebenarannya
Pandangan hidup muslim berkaitan dengan ajaran nabi melalui penyampaian wahyu Allah dengan cara – cara yang khas dan disebarkan di masyarakat luas. Seorang yang beragama islam contohnya mendapat pandangan hidup islam yang dicangkan oleh nabi di Makkah. 
Sedangkan ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. Artinya ideologi berarti pedoman ide untuk dijadikan sebagai dasar cita – cita, nilai dasar dan keyakinan yang dijunjung tinggi.
Didalam ideologi terdapat 2 hak ,yaitu hak memperoleh kebebasan dan hak memperoleh perlindungan.

2.      Cita – cita


Cita – cita adalah sebuah keinginan yang amat sangat dari dalam hati. Contoh cita –cita misalkan ada seseorang yang berkeinginan besar untuk bisa berkeliling dunia. Karena cita – citanya itu pasti dia akan mengerahkan tenaganya untuk bisa mewujudkan apa yang dia inginkan.

3.      Kebajikan
Kebajikan itu adalah perbuatan baik kepada sesama manusia yang akan mendatangkan atau menghasilkan sesuatu yang baik. Kebajikan biasanya dilihat dari tingkah laku seseorang kepada sesamanya. Tingkah laku seseorang pertama kali terbentuk dari keluarga dan yang luas dari masyarakat tempat dia tinggal. Kedua tempat itu sangat mempengaruhi tingkah laku seseorang yang menjadikan sikap seseorang di masyarakat luas.

4.      Usaha / perjuangan
Usaha / perjuangan adalah kegiatan yang dilakukan dengan sekuat tenaga untuk mencapai suatu tujuan.
Ayat Al-qur’an yang berisi tentang usaha / perjuangan : InnaAllaha laa yughayyiru maa biqaumin hatta yughayyiru maa bi anfusihim.

5.      Keyakinan atau kepercayaan
Keyakinan atau kepercayaan yakni sikap yang ditunjukkan karena seseorang merasa bahwa dia cukup tahu dan mengerti akan sesuatu maka dari itu dia memperoleh keyakinan dan kepercayaan.
3 aliran filsafat dalam keyakinan :
1)      Filsafat pada Masa Yunani Kuno
Pada masa ini filsafat mendapatkan tempat yang sangat tinggi dan mengalahkan agama.
2)      Filsafat Socrates
Socrates tampil sebagai pembela kebenaran yang sebenarnya karena pada masa yunani kuno kekacauan dimana – mana
3)      Filsafat pada sekitar tahun 0 masehi
Pada masa ini tokoh yang terkenal adalah plato dan aristoteles. Pada masa ini, akal dan hati, rasio dan iman, filsafat dan agama mendapatkan kedudukan yang sama tinggi.

6.      Langkah – langkah berpandangan hidup yang baik
1)      mengenal apa itu pandangan hidup dan mengenal bahwa setiap manusia mempunyai kodrat masing – masing di dalam pandangan hidup.
2)      Mengerti setiap pedoman yang kita jadikan pandangan hdup. Misalnya dalam islam pedoma kita adalah Al-Qur’an maka kita harus mengerti Al-Qur’an itu sendiri.
3)      Menghayati pandangan hidup itu sendiri yaitu dengan memperluas dan memperdalam wawasan tentang pandangan hidup itu sendiri.
4)      Meyakini untuk mencapai suatu kepastian sehingga dapat mencapai tujuan hidup.
5)      Mengabdi
6)      Mengamankan
Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar