RESUME KELOMPOK 3
PROSES YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN
KEPUTUSAN DALAM ORGANISASI
Didalam
proses pengambilan keputusan ada dua bentuk keputusan, yaitu :
1. Keputusan terprogram yang
biasanya menyangkut pemecahan masalah-masalah yang sifatnya teknis serta tidak
memerlukan pengarahan dari tingkat manajemen yang lebih tinggi.
2.
Keputusan
tidak terprogram
Keputusan tidak terprogram biasanya
bersifat repetitif, tidak terstruktur dan sukar mengenali bentuk, hakekat dan
dampaknya
Didalam proses penganmbilan keputusan
terdapat Persepsi
yang bisa diartikan sebagai proses yang mengelola dan menafsirkan sesuatu yang
dapat ditangkap oleh panca indera dalam rangka memberikan makna kepada lingkungan
mereka, tetapi apa yang dipersepsikan seseorang dapat berbeda dari kenyataan
yang obyektif. Dalam
proses mempengaruhi ini juga terdapat beberapa faktor–faktor yang dapat
mempengaruhi hasil akhir sebuah keputusan. Berikut ini adalah elemen-elemen
dalam proses mempengaruhi disuatu organisasi, yaitu:
a.
orang yang
mempengaruhi
b.
metode
mempengaruhi
c.
orang yang
dipengaruhi
Sedangkan
metode untuk mempengaruhi, diantaranya:
Ø
Kekuatan fisik, didalam metode
ini hal yang digunakan adalah fisik, yang berhubungan dengan kekerasan.
Ø
Penggunaan sanksi, metode
ini dilakukan dengan memberikan sanksi kepada individu maupun kelompok, sanksi
yang diberikan berupa sanksi positif maupun negatif.
Ø
Keahlian, metode ini
dilakukan dengan keahlian, seseorang yang mempengaruhi mempunyai keahlian dalam
mempengaruhi individu maupun kelompok.
Ø Kharisma (daya tarik), dapat dikatakan metode ini merupakan metode
yang cukup baik dan tidak setiap individu memilikinya. Pada metode ini
seseorang yang dipengaruhi akan tertarik kepada orang yang mempengaruhi,
karena orang tersebut memiliki kharisma tanpa harus menggunakan kekuatan fisik,
sanksi maupun keahlian
Daerah
pengaruh mencakup hubungan-hubungan :
a. Antara
perseorangan
b. Kelompok
dengan seseorang
c. Seseorang dengan kelompok
Proses pengambilan keputusan bisa dengan cara rasional atau
intuisi. Pengambilan keputusan yang optimal adalah rasional.
Artinya dia membuat pilihan memaksimalkan nilai yang konsisten dalam
batas-batas tertentu. Pilihan-pilihan
dibuat mengikuti model pengambilan keputusan enam langkah.
1.
Penetapan
masalah
2.
Identifikasi
masalah
3.
Alokasikan
bobot pada kriteria
4.
Kembangkan
Alternatif
5.
Evaluasi
alternative
6.
PIlihan
alternatif terbaik
Pengertian kepemimpinan adalah faktor
kunci dalam suksesnya suatu organisasi serta manajemen. Kepemimpinan adalah
entitas yang mengarahkan kerja para anggota organisasi untuk mencapai tujuan
organisasi. Kepemimpinan yang baik diyakini mampu mengikat, mengharmonisasi,
serta mendorong potensi sumber daya organisasi agar dapat bersaing secara baik.
·
Pertanyaan
:
1. Bagaimana mengatasi keputusan
yang diambil pemimpin dengan cara sepihak? (Suci)
Jawab : Jika ada masalah harus
dilempar kedalam forum dan harus dibahas bersama dengan mengedepankan pendapat
atau menyetujui keputusan pemimpin.
2. Apa metode yang terbaik untuk
mengambil keputusan ? (Zulfikar)
Jawab : Metode yang terbaik
adalah kharisma.
3. Kasus pilkada lebih baik
diselesaikan secara rasional atau intuisi ?
Jawab : Lebih baik secara
rasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar