Senin, 03 November 2014

RESUME KELOMPOK 4
KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Komunikasi organisasi adalah sebuah hubungan yang terjalin diantara unit – unit organisasi dengan tujuan menyampaikan informasi, ide – ide untuk mencapai tujuan bersama, misalnya ketua dengan anggota atau anggota dengan anggota yang masing – masing saling bertukar informasi dan terjadi komuniakasi dalam organisasi.
Didalam organisasi terdapat Unsur – unsur komunikasi, diantaranya :
1.      Komunikator, yaitu member berita yang dalam hal ini adalah orang yang berbicara,pengirim berita atau orang yang memberitakan.
2.      Menyampaikan berita dalam hal ini dapat dilakukan dengan cara mengatakan, mengirim atau menyiarkan
3.      Berita-berita yang disampaikan, dapat dalam bentuk perintah, laporan, atau saran
4.      Komunikan yaitu orang yang dituju, pihak penjawab atau para pengunjung. Dengan kata lain orang yang menerima berita
5.      Tanggapan atau reaksi dalam bentuk jawaban atau reaksi
Komunikasi dalam organisasi dapat dibedakan menjadi beberapa macam tergantung dari segi peninjauannya, yaitu Dari segi sifatnya, arahnya dan lawannya. Gaya Komunikasi Dalam Organisasi dibedakan menjadi :
1.      The Controlling Style
2.      The equalitarian style
3.      The Structuring Style
4.      The Dynamic style
5.      The Relinguishing Style
6.      The Withdrawal Style
Hambatan komunikasi dalam organisasi dapat dibagi menjadi tiga, yaitu diantaranya :
1.      Hambatan Yang Bersifat Teknis
2.      Hambatan Semantik
3.      Hambatan Perilaku
Hambatan komunikasi bisa diatasi dengan cara:
                          1. Gunakan umpan-balik
                            Beri kesempatan pada orang orang lain untuk menyampaikan ide atau                                                           gagasannya, sehingga tercipta dua iklim komunikasi dua arah.
                    2.Kenali si penerima berita.
                            a) Bagaimana latar belakang pendidikannya.
                            b) Bagaimana pengetahuan tentang subyek pembicaraan
                            c) Sejauh mana minat dan perasaanya

                          3.  Rencanakan secara teliti, pertimbangkan baik-baik : apa, mengapa, siapa, bagaimana, kapan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar